Translate

Selasa, 19 Juni 2012

Ayo Jadi Sahabat Pena Kami



             Pagi, jam 10.00 WITA kami bersiap-siap menuju ke kantor pos Bima. Sesampainya di sana kami disambut oleh Pak Ibrahim, salah satu kadiv  dan Pak Sulaeman Amir, kepala kantor Pos Bima. Dalam kesempatan itu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kantor pos Bima yang telah dengan cuma-cuma membuka PO BOX 1234 BIMA 84100 untuk memfasilitasi kegiatan surat menyurat dan kiriman paket antara kami dengan stakeholder di luar Bima.


Keberadaan PO BOX ini sangat membantu menyukseskan progam JAI (Jejaring Anak Indonesia) kami. Melalui program ini, murid-murid kami bisa berkirim surat dengan murid-murid Pengajar Muda di daerah lain. Setahun sudah program ini dijalankan oleh PM 2. Dampak yang jelas terlihat adalah anak-anak menjadi bersemangat untuk menulis dan secara tidak langsung kemampuan motorik halus mereka pun terasah sedikit demi sedikit. Tidak hanya itu, JAI juga melatih anak-anak untuk berempati dengan anak-anak di daerah lain. Sebagai contoh, ketika mereka mendengar tentang kondisi Aceh yang sempat kurang aman beberapa waktu lalu, mereka menulis surat untuk sahabat pena mereka yang tinggal di Aceh agar selalu semangat dan tidak sedih. Atau dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa JAI ini bisa memperkuat tenun kebangsaan di antara anak-anak Indonesia.


Melalui JAI anak-anak kami tidak hanya bisa berkirim surat dengan sesama murid PM, tetapi dengan orang-orang dewasa baik yang berada di Indonesia dan luar negeri. Mutia, PM 2 wilayah Langgudu yang saya gantikan bahkan secara intensif memfasilitasi murid-muridnya untuk berkirim surat dengan temannya yang berada di Jepang. Dari sana anak-anak menjadi lebih bersemangat untuk menulis dan tentu saja termotivasi untuk bermimpi. Bukan hanya itu, secara tidak langsung anak-anak juga belajar tentang Jepang melalui isi surat-surat itu.


Sebagai PM yang melanjutkan PM 2, saya ingin sekali melanjutkan program ini karena ini sangat bermanfaat untuk anak-anak kami. Jadi, bagi teman-teman yang ingin menjadi sahabat pena murid-murid saya, caranya mudah saja. Cukup mengirimkan surat dan foto untuk murid-murid saya. Untuk awalan, teman-teman boleh bercerita tentang apapun. Untuk daftar nama-nama murid yang bisa menjadi sahabat pena teman-teman, akan saya informasikan selanjutnya. Jika teman-teman sudah berniat untuk menjadi sahabat pena murid-murid saya, silahkan menghubungi saya di no : 0852 1311 2541. Terima kasih... ^-^
Anak-anak kelas V, 2012



Main ke Laut


Main sama Mbe'e (kambing)

8 komentar:

Anonim mengatakan...

hallo.. saya tertarik untuk menjadi sahabat pena..
salam, saya shinta dari jogja

Lutfi A mengatakan...

bmwluph@gmail.com, tertarik menjadi sahabat pena

Setiaji mengatakan...

Anak saya Kalyca Najmi Cyrilla umur 7,5 th kelas 2 SD di bogor. ingin mempunyai sahabat pena yang dapat berkirim surat melaui pos, apakah disini ada anak2 yang sama keinginannya dengan anak saya.
Terimakasih
madyam_setiaji@yahoo.co.id

Perpustakaan Balita Ceria mengatakan...

Mohon maaf semuanya. Tulisan "Ayo Jadi Sahabat Pena Kami" ini saya tulis tahun 2012, tahun dimana saya masih mengajar di Bima. Saat ini saya sudah bekerja di Jakarta sehingga sudah tidak bisa memfasilitasi kegiatan sahabat pena dengan teman-teman baru. Sekali lagi mohon maaf.

Unknown mengatakan...

Wah rame banget sekolahnya

Unknown mengatakan...

Umur kamu berapa

Unknown mengatakan...

Sya synta dari bandung sya tertarik menjadi shabat pena

Unknown mengatakan...

Sya synta dari bandung sya tertarik menjadi shabat pena