Translate

Kamis, 31 Mei 2018

Level 11 Hari Ke-9 : Tarbiyah Jinsiyah Sebagai Jalan Keluar Menjaga Fitrah Seksual Anak

Tantangan dalam Menjaga Fitrah Seksualitas
  1. Sex bebas
  2. LGBT
  3. Kekerasan fisik/seksual orang pasangan
  4. Paparan pornografi pada anak
Tarbiyah Jinsiyah Sebagai Solusi
Tarbiyah Jinsiyah adalah pendidikan seks dalam Islam yang mengacu pada pendidikan akhlak dan adab yang berlandaskan keimanan kepada Allah dan sesuai dengan syari'at yang termaktub dalam Quran dan Hadist. Tarbiyah Jinsiyah menurut konsep ini adalah upaya mendidik nafsu syahwat agar sesuai dengan nilai-nilai Islam sehingga ia menjadi nafsu yang dirahmati Allah, dengan tujuan berbentuknya sakinah, mawaddah warahmah dalam sebuah rumah tangga yang mampu mendidik keturunannya untuk menaati perintah Allah sehingga manusia terbebas dari perbuatan zina.

Hal-hal Penting dalam Tarbiyah Jinsiyah
  1. Pendidikan sex dalam Islam mengacu pada pendidikan akhlak dan adab yang berlandaskan kepada keimanan dan syariat Allah.
  2. Saat anak masuk usia aqil baligh, maka kenalkanlah mengenai sanksi zina dan saat akan menikah kenalkan etika kehidupan suami-istri.
  3. Tarbiyah Jinsiyah bertujuan untuk menghambat syahwat seksual dan mengarahkannya hanya di koridor pernikahan. Maka, pada anak kita ajarkan untuk menundukkan pandangan terhadap lawan jenis dan tidak berkhalwat.
  4. Cara penyampaian tarbiyah jinsiyah adalah dengan penjelasan fiqih, memerlukan waktu dan tahapan serta tidak secara vulgar.
  5. Tarbiyah jinsiyah dimulai dari keluarga. Dari keluarga, anak paham apa yang disebut dengan syahwat.
Sumber bacaan :
Laman FB Ustad Fauzil Adim
www.ayahbundabelajar.com
www.mujitrisno.wordpress.com
www.seizeyours.wordpress.com
www.bps.go.id
www.kumparan.com
www.metro.sindonews.com
www.poskotanews.com

#fitrahseksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangsesi11
 

 
 

Tidak ada komentar: