Translate

Rabu, 22 April 2015

Hadiah Terbaik

Pada suatu ketika, saya dan seorang teman saya menghadap Ibu Dekan untuk membicarakan kegiatan mahasiswa fakultas kami. Di tengah pembicaraan, sekretaris beliau tiba-tiba masuk ruangan dan mohon diri untuk menyampaikan sebuah pertanyaan pada orang nomor satu di fakultas kami ini. Mas sekretaris itu bertanya tentang hadiah apa yang akan diberikan untuk "tamu fakultas" yang keesokan harinya akan datang. Ibu Dekan pun menjawab, "Buku saja". 

Setelah selesai berbicara dengan sekretarisnya, Ibu Dekan menjelaskan kepada kami bahwa hadiah terbaik adalah buku. Saya tidak ingat redaksi lengkap kata-kata beliau saat itu. Yang saya ingat adalah point-nya yaitu, "hadiah terbaik" dan "buku". Sejak saat itu, saya mengikuti jejak beliau untuk memberikan hadiah berupa buku pada teman atau kenalan saat momen bahagia mereka. 

Sebagai seorang muslim, saling memberi hadiah adalah sesuatu yang disunnahkan. Hadiah yang akan diberikan pun sebaiknya benar-benar kita pilihkan barang yang terbaik. Bagi Ibu Dekan, yang terbaik itu adalah buku. Ini berarti bahwa Ibu Dekan menaruh penghargaan yang tinggi terhadap buku. "Sebegitu berharga kah buku?" pikir saat kala itu. Pasti ada something valuable di dalam buku sehingga Ibu Dekan sedemikian getolnya berpendapat bahwa book is the best gift.  Dari sana, penghargaan saya terhadap buku perlahan meningkat. 

Saya yang saat itu belum cukup gemar membaca buku non-textbook kuliah mulai termotivasi untuk melirik buku-buku umum. Saya mulai mengisi waktu luang saya untuk berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku. Alih-alih menonton film, saya lebih suka menghabiskan waktu luang saya untuk membaca buku. Bisa leyeh-leyeh di atas kasur sambil melahap lembar-demi lembar buku adalah kesempatan yang paling menyenangkan. Saya menemukan pleasure tersendiri bersama buku. 

FYI, pekan lalu saya ulang tahun. Tapi kok gak ada yang menghadiahi saya buku ya? :-p




2 komentar:

Wahab Saputra mengatakan...

Hadiah terindah donk...

Perpustakaan Balita Ceria mengatakan...

sepertinya hanya pilihan diksi saja, apakah "hadiah terbaik" atau "hadiah terindah" :-)