Translate

Rabu, 07 Januari 2015

Tantangan 2

Kali ini tantangannya adalah membuat tulisan sepanjang 100-200 kata dengan memasukkan 10 kata ini : Setrika-kapur-purnama-makelar-larva-vanila-lawan-wanda-dalang-langka. Makin susah oey!! Tapi tidak apalah. Saya coba ya!!


                                                           ***

Adalah Jalatunda, sebuah desa yang berada di lereng bebukitan kapur di selatan Jawa. Desa ini memiliki tradisi yang tergolong langka yaitu diadakannya pagelaran wayang kulit setiap malam purnama Bulan Suro pada penanggalan Jawa. Menurut kepercayaan warga setempat, jika tradisi ini dilawan, maka satu-satunya mata air yang ada di desa tersebut akan mati. Alhasil, warga tidak pernah sekalipun meniadakan pagelaran wayang ini.

Semua orang tahu bahwa untuk mendatangkan dalang beserta rombongan itu tidaklah murah. Oleh karena itu, warga yang sebagian besar berprofesi sebagai makelar hewan ternak itu setiap bulan harus menyisihkan penghasilan mereka untuk disetor ke kepala desa.

Aku ingat betul dulu ketika aku masih kecil, pernah beberapa kali menyaksikan pagelaran wayang di Jalatunda. Bagi anak-anak kecil seperti aku ini, yang membuat kami tertarik bukanlah lakon atau wanda para tokoh pewayangannya, melainkan deretan penjual mainan dan jajanan. Salah satu jajanan favoritku adalah es lilin rasa vanila. Sedangkan bagi adik laki-lakiku yang selalu mengikutiku kemanapun aku pergi bak larva ngengat yang selalu menempel di daun ini, ia paling suka membeli stiker setrika yang nantinya ia tempel di kaosnya.

Tidak ada komentar: