Translate

Minggu, 04 Juni 2017

Kabar Penting - Komunikasi Produktif #5

Hari Ahad setelah dzuhur adalah waktu dimana suami saya menghabiskannya dengan istirahat siang (baca:tidur). Siang ini, saya memiliki kabar yang harus saya sampaikan kepada suami saat itu juga, tidak bisa ditunda lagi. Selain itu, saya memerlukan persetujuan suami tentang apa yang akan saya putuskan saat itu.

Saya berniat untuk segera menelpon suami. Di satu sisi, mungkin saya melanggar salah satu kaidah komunikasi produktif yaitu, "memilih waktu yang tepat". Siang seperti ini suami saya pasti sedang bersiap untuk tidur siang. Tepatkah jika saya menyampaikan kabar penting ini saat ini juga?

Pelan-pelan saya memulai pembicaraan, "Sudah mau tidur siang ya Sayang?" Suami mengiyakan. "Hmm.. bolehkan aku menyampaikan sesuatu yang penting sekarang? Sebentaaar saja", bujuk saya pada suami. "Iya, boleh." Saya pun mulai bercerita dengan suara lembut namun singkat.

Akhirnya suami pun memberikan persetujuan. "Makasih banyak ya Sayang. Pun monggo tidur siang lagi", saya mengakhiri pembicaraan.

Ternyata, jika kita pintar memilih kata, intonasi dan ekspresi yang tepat, lawan bicara pun akan menanggapi dengan baik. Jika kita tambahkan dengan "pemilihan waktu yang tepat" bisa jadi respon yang kita terima pun akan setingkat lebih baik.

#level1
#day5
#tantangan10hari
#komunikasi produktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar: