Translate

Jumat, 09 Juni 2017

Kalimat Positif - Komunikasi Produktif #10

Tiga hari kemarin suami saya mendapat tugas lapangan untuk mendampingi petugas provinsi memverifikasi calon penerima bantuan ternak dan lahan penanaman pakan ternak. Malam ini saya menanyakan kepada suami tentang detail  pelaksanaan kegiatan tersebut.

Mendengar penjelasan suami, saya kemudian menanggapi, "Semoga bantuannya gak salah sasaran ya Mas." Saya merasa ada yang kurang tepat dengan kalimat yang baru saja saya ucapkan. Saya teringat salah satu kaidah dalam komunikasi produktif yaitu, mengatakan apa yang diharapkan dengan kalimat postitif.

Saya segera meralat kalimat saya. "Bukan itu kalimat yang seharusnya aku ucapkan Mas. Tapi gini, semoga bantuannya tepat sasaran ya Mas."

Setelah benar-benar saya resapi, penggunaan kalimat positif ternyata akan menciptakan imajinasi yang positif, begitu pula sebaliknya. Dengan mengatakan, "Semoga bantuannya tepat sasaran", otak kita akan membayangkan bantuan yang tepat sasaran. Lain halnya jika kita mengatakan, "Semoga bantuannya gak salah sasaran", maka justru otak kita akan membayangkan bantuan yang salah sasaran.

#level1
#day10
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar: