Translate

Rabu, 07 Juni 2017

Suatu Sore Bersama Ghifari - Komunikasi Produktif #8

Hari ini saya mencoba mempraktikkan Komunikasi Produktif kepada Ghifari (5 tahun), anak salah seorang senior saya di kantor.

Setelah mengabiskan 1 kotak susu UHT kemasan kecil, Ghifari meletakkan bungkusnya di karpet tempat dia duduk. Melihat itu, saya kemudian berkata, "Abang Ghifari, bolehkan Tante Dita minta tolong?" Anak yang baru akan bersekolah di TK ini justru kembali bertanya, "Minta tolong apa?" Saya mengulangi pertanyaan saya sehingga Ghifari menggangguk.

"Ini sampah kan, Bang?" kata saya sambil menunjuk pada bungkus susu UHT. "Iya," jawabnya singkat. "Bolehkah Tante Dita minta tolong Abang untuk membuang sampah ini ke tempat sampah?" Di luar dugaan, anak ini dengan cepat merespon, "Iya, ini juga sampah, dibuang juga?" sambil menunjuk bungkus biskuit. "Iyaa, minta tolong ya abang".

Selesai Ghifari membuang sampah, saya mengajaknya "tos". Ia pun menyambut dengan semangat. "Abang pintar ya, sudah bisa membuang sampah pada tempatnya", kata saya sambil tersenyum pada Ghifari.

Dalam satu kesempatan tersebut, saya bisa langsung menerapkan 3 kaidah komunikasi dengan anak yaitu KISS (Keep Information Short and Simple), menggunakan intonasi yang ramah dan memberikan pujian. Saya senang karena ketiga kaidah tersebut berhasil membuat Ghifari memberikan respon positif.

#level1
#day8
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar: