Translate

Sabtu, 21 Februari 2015

Terus Bertumbuh

Atasan saya suatu ketika pernah berujar bahwa hampir semua perusahaan Jepang sangat memperhatikan pertumbuhan karyawannya. Yang dimaksud dengan "pertumbuhan" (seichou: Bahasa Jepang) adalah perubahan ke arah yang lebih baik dari awal seorang karyawan diterima di sebuah perusahaan hingga batas-batas waktu tertentu. Dengan kata lain, "pertumbuhan" di sini bisa juga diartikan dengan "perkembangan".

Ketrampilan teknis apa saja yang sudah dikuasai? Bagaimana kemampuannya mengelola pekerjaan? Apakah hubungannya dengan klien dan rekan kerja semakin baik? Hal-hal semacam itulah yang dinilai secara periodik. 

Sebulan lagi saya akan keluar dari perusahaan yang telah mengajari saya tentang seichou ini. Jika direfleksikan lebih mendalam, seichou seharusnya tidak berlaku hanya pada lingkup pekerjaan tetapi juga dalam kehidupan kita secara utuh. Apakah tahun ini hati kita lebih lapang daripada tahun lalu? Apakah sholat kita bulan ini tebih tegak daripada bulan lalu? Apakah pekan ini lebih banyak orang yang kita bantu daripada pekan-pekan sebelumnya?

Untuk terus bertumbuh, rasa-rasanya kita tidak bisa sendirian. Kita harus menjaga erat teman-teman yang selalu setia mengingatkan tentang kebaikan. Kita perlu meluangkan waktu untuk membaca buku-buku inspiatif yang bisa menggerakkan kita untuk memperbaiki diri. Kita butuh mendatangi majelis-majelis ilmu yang memperkaya pemahaman kita sebelum beramal. Kita mesti sejenak merenungkan kejadian yang kita alami kemudian mengambil hikmah sehingga di lain hari kita bisa bertindak semakin baik. 

Mari terus bertumbuh, memperbaiki diri!


Tidak ada komentar: