Translate

Sabtu, 25 Maret 2017

Tugas ke-9, "Bunda sebagai Agen Perubahan"

Ini adalah tugas terakhir di kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP). Kami diajak untuk memasuki tahapan bunda shalehah, yaitu bunda yang keberadaanya bermanfaat bagi dirinya, keluarganya dan lingkungan sekitarnya.

Kami diajak untuk berempati terhadap lingkungan sekitar, melihat masalah apa yang terjadi di sana. Lalu, dengan passion masing-masing, kami diharapkan dapat menemukan solusi atas masalah tersebut. Ibu Septi Peni Wulandari, penggagas IIP, meringkas hal tersebut dalam rumus sederhana, emphaty+passion= social venture. Untuk menuju ke sana, kami diarahkan untuk mengisi langkah-langkah berikut ini,

1. Minat/hobi/ketertarikan
Sebagaimana yang telah saya tulis di tugas-tugas sebelumnya, ketertarikan saya adalah di bidang pendidikan anak (parenting)

2. Skill (hard dan atau soft)
Skill saya antara lain mengajar, mendongeng dan menulis.

3. Isu Sosial
Saat ini banyak orang tua yang kurang peduli terhadap minat baca anak-anaknya. Selain itu banyak pula yang menyerahkan pendidikan anak-anaknya sepenuhnya ke lembaga pendidikan formal.

4. Sasaran
Orang tua, anak-anak

5. Ide sosial
Berdasarkan isu sosial yang saya jabarkan di atas, saya ingin membuka taman belajar di rumah saya. Di sana , dengan koleksi buku-buku anak yang saya miliki, salah satu aktivitas yang ingin saya lakukan adalah mengajak anak-anak di sekitar tempat tinggal saya untuk rajin membaca buku sehingga tumbuh minat baca dan kecintaan mereka akan buku dan ilmu pengetahuan. Saya juga ingin membuat lembaga bimbingan belajar yang secara finansial terjangkau bagi masyarakat di sekitar saya.

Saya ingin menyediakan buku komunikasi khusus antara saya dengan orang tua siswa saya. Di buku tersebut akan ada poin-poin yang perlu diisi oleh orang tua sehingga orang tua terlibat dalam pendidikan putra-putrinya. Dari kegiatan sederhana tersebut saya ingin perlahan membuat gerakan menumbuhkan minat baca dan mengajak orang tua lebih peduli terhadap pendidkkan anak-anaknya.

Tidak ada komentar: