Translate

Minggu, 19 Maret 2017

Tugas ke-8, "Misi Hidup dan Produktivitas"

Saya suka dan bisa mengajar. Itulah salah satu pendorong saya untuk mendaftar sebagai Pengajar Muda Indonesia Mengajar 5 tahun yang lalu. 

Setelah menyelesaikan penugasan sebagai Pengajar Muda, saya bekerja sebagai penerjemah di sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Karena senangnya saya dengan kegiatan mengajar, saya mengambil pekerjaan tambahan sebagai pengajar Bahasa Indonesia bagi warga negara asing yang bekerja di Jakarta.

Setahun lebih saya menjalani aktivitas itu hingga saya diterima sebagai PNS di sebuah kantor pemerintahan. Ternyata, kerinduan saya pada "dunia panggung", demikian saya menyebut aktivitas saya mengajar di depan kelas, terus memanggil. Oleh karena itu, sesekali saya menerima tawaran untuk mengajar origami di perpustakaan kantor dan mendongeng di tempat penitipan anak yang juga ada di kantor saya.

Kedepannya, saya ingin menjadi seorang yang ahli di bidang metode pengajaran, terutama pengajaran untuk anak-anak saya. Saya ingin mempunyai dan membaca buku-buku tentang pendidikan anak kemudian mempraktikkannya untuk anak-anak saya dan anak-anak di sekitar saya. Saya ingin memiliki sebuah taman belajar dengan koleksi buku bacaan anak yang beragam dan menarik (terutama buku-buku Islami) sehingga membuat anak-anak saya maupun anak-anak di sekitar tempat tinggal saya menjadi gemar membaca, belajar dan mencintai ilmu pengetahuan.

Di taman belajar itu pula, saya ingin membuka bimbingan belajar yang mana bisa menjadi sarana produktivitas bagi saya. Dalam jangka panjang, ingin saya menjadi seorang pendidik yang menginpirasi sekaligus produktif secara finansial. Karena saya juga menyukai bidang marketing, saya tetap ingin melanjutkan aktivitas marketing sebagai bentuk produktivitas lainnya.

Saya ingin lebih rajin menulis di blog mengenai aktivitas saya sebagai pendidik dan marketer tersebut agar ada manfaat yang bisa diambil oleh pembaca blog saya. Jika Allah mengizinkan, ingin sekali saya menulis buku agar jangkauan kebermanfaatan tulisan saya bisa lebih luas. 

Dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan, saya ingin mempunyai sebuah rumah yang cukup besar dengan halaman yang cukup luas. Di rumah itu, ada bagian yang dikhususkan untuk perpustakaan, bimbingan belajar dan ruang pertemuan yang mana bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar saya untuk menggelar kajian keislaman, belajar Al-Quran dan diskusi apa saja, dari parenting, pengembangan bisnis hingga masak-memasak. *Pesan untuk suamiku, semoga Allah mampukan kita memiliki rumah seperti itu ya Mas :-)

Saat ini saya sudah mulai membeli buku-buku bacaan untuk anak-anak sedikit demi sedikit. Mohon doanya, semoga tahun depan kami sudah memiliki taman belajar sederhana yang manfaatnya bisa dirasakan oleh keluarga kami dan warga sekitar kami. 

Tidak ada komentar: