Translate

Minggu, 17 Desember 2017

Aliran Rasa Level 6: Math Around Us

Dulu, ketika SMA, saya bertanya-tanya untuk apa saya susah-susah belajar integral? Apa iya, saya akan memakai perhitungan integral dalam kehidupan sehari-hari? Suatu hari, saya akhirnya berkesimpulan bahwa pelajaran matematika di sekolah banyak tidak berdaya guna bagi kehidupan saya.

Di sekolah, kami terlalu banyak belajar teori matematika yang konsep dasarnya tidak kami pahami. Mungkin ini jadi salah satu sebab mengapa banyak siswa tidak menyukai matematika. Jika suka saja tidak, bagaimana siswa bisa matematika?

Selama 2 bulan di camp Indonesia Mengajar, saya diajari cara mengajar dengan metode konstrak. Dalam metode konstrak, siswa tidak ujug-ujug diajari tentang sebuah teori. Siswa difasilitasi untuk menemukan sendiri suatu teori. Proses fasilitasi sebisa mungkin melalui kegiatan yang dekat dengan kehidupan siswa. Dari sini, saya merasa menemukan apa yang sebelumnya saya cari, yaitu bahwa matematika itu seharusnya banyak manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari.

Memasuki materi ke 6 di Kelas Bunda Sayang ini, saya senang sekali. Saya belajar banyak tentang bagaimana membuat anak-anak menyukai matematika dengan hal-hal sederhana sehari-hari.

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar: