Translate

Rabu, 10 Januari 2018

Tantangan Level 7: Semua Anak Adalah Bintang #1

Di usia 5.5 bulan ini, Alif sudah lebih ekspresif mengungkapkan kesukaan/ ketidaksukaannya pada sesuatu. Saat ia menyukai suatu hal, ia akan tertawa lucu sekali. Sebaliknya, jika ia tidak suka, ia akan berteriak marah bahkan sampai menangis. Lalu, jika ia sedang bosan pada suatu kegiatan, ia mulai memasukkan jari-jemarinya ke mulutnya yang mana ini berarti ia sedang menghibur diri.

Setelah membaca materi level 7 ini, saya berselancar di youtube untuk mencari materi permainan anak. Dapatlah saya materi dari Rini Hildayani, teman dokter Tiwi, Sp.A. Bu Rini adalah psikolog yang fokus pada permainan edukatif untuk bayi dan balita.

Dari materi tersebut, saya menyusun Jadwal Main untuk Alif. Di hari pertama saya menjadwalkan permainan cek badan pada Alif. Namun, saat kami memainkan permainan cek badan, ternyata Alif tidak tertawa, justru ia nampak tidak suka terhadap apa yang saya lakukan.

Lalu cepat-cepat saya mengganti permainan dengan permainan gelembung wajah. Saya gelembungkan kedua pipi saya, saya goyangkan wajah saya ke kiri dan ke kanan sambil saya keluarkan suara "hup hup." Alif tertawa. Saya ulangi berkali-kali dan Alif selalu tertawa. Saya pun senang.

Salah satu target yang ini saya capai dari permainan-permainan ini adalah agar rasa humor Alif berkembang. Dengan sering saya ajak tertawa, saya berharap Alif tumbuh menjadi anak yang humoris. Dengan begitu, Alif lebih mudah bergaul dengan orang-orang sekitarnya. Kecerdasan inter personalnya pun terasah.

#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Tidak ada komentar: