Translate

Minggu, 16 Juli 2017

Melatih Kemandirian #1

Dua minggu ini saya sudah memasuki masa cuti melahirkan. Karena berencana melahirkan di kampung halaman, sejak libur lebaran saya tidak kembali ke Jakarta tetapi tinggal di rumah Ibu.

Sehari-hari, di kampung halaman Ibu tinggal bersama keponakannya (anak adiknya). Sejak kecil anak ini memang sudah beberapa kali dititipkan kepada Ibu saya karena kondisi rumah tangga adik ibu yang broken home.

Kondisi ini membuat Dana (19 tahun), keponakan ibu, mengalami masalah emosional dan kemandirian. Salah satu masalah kemandirian yang dialami Dana adalah tidak mau merapikan tempat tidur setiap bangun pagi. Dan yang paling menjengkelkan, Dana sering tidur di ruang tengah, tepatnya di depan TV karena malamnya suka menonton TV, terutama acara sepak bola.

Setelah bangun tidur Dana langsung beraktivitas dan hampir selalu tidak mau merapikan ruang tengah. Ibu sudah berkali-kali menasihati Dana, tapi Dana hanya sesekali mengerjakan perintah Ibu. Selebihnya Dana "lupa" lagi.

Pagi ini saya membuat kesepakatan dengan Dana. Isinya, Dana akan merapikan tempat tidurnya setiap pagi, terutama jika dia tidur di ruang tengah. Pagi ini dia mengerjakan kesepakatan tersebut. Besok dan seterusnya? Kita lihat nanti.

#day1
#level2
#bunsayIIP
#melatihkemandirian
#tantangan10hari

Tidak ada komentar: