Translate

Selasa, 18 Juli 2017

Melatih Kemandirian #3

Melatihkan kemandirian pada Dana ternyata secara tidak langsung membuat saya sekaligus kembali mempraktikkan ilmu komunikasi produktif. Sebagai anak yang memiliki sifat agak keras, Dana tidak bisa menerima semua kata-kata yang ia dengar dari orang-orang sekitar. Perlu dipilih diksi, ekspresi, intonasi dan waktu yang tepat agar kata-kata saya bisa diterima oleh Dana.

Seharian ini waktu saya tersita untuk mengerjakan tugas kantor yang harus saya kerjakan meskipun saya sedang cuti hamil. Ini membuat saya tidak sempat menyapu lantai di sore hari. Saya kemudian meminta tolong Dana untuk menyapu. Awalnya Dana menolak. Dia berkelit bahwa kami tadi pagi sudah sepakat tentang tugas masing-masing: Dana menyiram tanaman singkong dan mencuci piring, saya menyapu halaman dan lantai, dan Ibu memasak.

"Dek, Mbak kan lagi capek. Mbak minta tolong Dana yang nyapu lantai sore ini ya," pinta saya pada Dana. Meski dengan ekspresi agak keberatan, diambilnya sapu  dan disapunya lantai. "Makasih ya Dek", saya tersenyum padanya.

#level2
#day3
#bunsayIIP
#melatihkemandirian
#tantangan10hari

Tidak ada komentar: