Translate

Senin, 17 Juli 2017

Melatih Kemandirian #2

Tadi malam, disela-sela mengobrol dengan Dana (19 tahun) saya kembali mengingatkannya tentang kesepakatan yang telah kami buat, yaitu bahwa dia akan selalu membereskan alas dan perlengkapan tidurnya seketika setelah ia bangun pagi. Dana mengiyakan.

Syukur alhamdulillah, tadi pagi ia mengerjakan kesepakatan tersebut. Ketika saya mengecek ruang tengah, tempat ia tidur semalam, kondisinya sudah menjadi rapih. Semoga hari-hari berikutnya Dana dengan sukarela mengerjakan kesepakatan tersebut lagi.

Kondisi saya yang sedang hamil 9 bulan membuat saya menghadapi keterbatasan dalam mengerjakan beberapa hal. Salah satunya adalah menyirami tanaman singkong di kebun. Beberapa hari belakangan ini saya meminta tolong Dana untuk menyirami tanaman singkong tersebut. Dana mengerjakannya walau belum setiap hari.

Kemarin sore setelah Dana mengerjakan tugas tersebut, saya meminta Dana untuk mengerjakan tugas tersebut setiap sore. "Kita bagi-bagi tugas ya dek", kata saya pada Dana. Dana mengiyakan tetapi ada sedikit ekspresi keberatan di wajahnya.

Kondisi Dana yang sudah berusia 19 tahun, baru saja lulus SMA namun belum punya kemandirian ini membuat saya dan ibu merasa agak khawatir. Oleh karena itu, kami terus mencoba melatihkan kemandirian padanya sembari terus berdoa pada Allah SWT semoga Dana menjadi semakin lebih baik setiap hari.

#day2
#level2
#busayIIP
#melatihkemandirian
#tantangan10hari

Tidak ada komentar: