Translate

Sabtu, 22 Juli 2017

Melatih Kemandirian #5

Seperti yang saya tuliskan pada postingan sebelumnya, PR terbesar saya dalam melatihkan kemandirian pada Dana adalah melatihkan kemandirian beribadah. Selama ini Dana masih harus diingatkan untuk mengerjakan sholat 5 waktu.

Kemarin siang, saya mencoba berbicara baik-baik pada Dana. Saya gunakan teknik komunikasi produktif padanya. Dengan intonasi yang lembut, saya katakan pada Dana, "Nanti kalau udah merantau kerja, siapa yang mau ingetin Dana buat sholat?" Dana menjawab, "Iya Mbak, nanti Dana sholat kok.

"Anak laki- laki sebenarnya lebih baik sholat di masjid, Dek." Dana diam, saya melanjutkan, "Coba yuk dibiasain sholat di masjid." Tanpa saya duga, jawaban yang Dana berikan adalah, "Ya Mbak, nanti maghrib & isyak Dana mulai sholat ke Masjid."

Saat waktu maghrib tiba, tanpa saya ingatkan, Dana berangkat ke Masjid. Begitu pun saat isyak. Dalam hati saya hanya bisa berdoa, " Semoga istiqomah ya dek."

#level2
#day5
#bunsayIIP
#melatihkemandirian
#tantangan10hari

Tidak ada komentar: