Translate

Kamis, 08 Februari 2018

Tantangan Level 8 : Cerdas Finansial #1

InsyaAllah per 1 Maret ini saya resmi resign dari kantor. Officially, terhitung mulai bulan depan penghasilan keluarga kami hanya dari satu pintu yaitu dari suami saya. Tentu ada perasaan was-was. Apakah nanti kebutuhan keluarga kami akan terpenuhi?

Mendapat materi ke 8 di Kelas Bunda Sayang ini saya serasa mendapatkan momen "aha". Keputusan saya untuk resign dikuatkan oleh kalimat sakti dari Ibu Septi, "Rezeki itu pasti, kemuliaan yang dicari." Bismillah, saya lebih mantap mengambil langkah untuk berkarya dari rumah sembari mengasuh anak saya secara langsung.

Keputusan resign ini mengharuskan saya mempersiapkan banyak hal, salah satunya adalah perencanaan finansial. Jujur, selama ini saya kurang pandai membuat perencanaan financial. Sebagai contoh, saya tidak menabung di awal bulan tetapi di akhir bulan yaitu dengan uang sisa kebutuhan sebulan. Lalu, ketika dulu sebelum menikah saya membeli motor dengan cara kredit, tidak cash. Sepertinya hal ini perlu diubah.

Di hari pertama mempraktikkan materi Cerdas Finansial ini, saya membuat daftar pendapatan dan pengeluaran keluarga kami setelah nanti secara resmi saya tidak bergaji lagi. Saya kirimkan daftar tersebut pada suami saya untuk kami diskusikan. Karena kami masih tinggal berjauhan, kami punya keterbatasan waktu komunikasi untuk membahas hal tersebut. Beberapa hari kemudian, baru kami membahasnya dengan lebih terperinci. Lambat memang, tapi tidak masalah. Semoga dengan perencanaan yang baik, kondisi keuangan keluarga kami menjadi lebih kokoh.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RezekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar: