Translate

Senin, 23 April 2018

Tantangan Level 10 : Mari Mendongeng #1

Saya suka membacakan cerita pada Alif. Buku cerita yang sudah Alif miliki antara lain Seri Halo Balita, Seri Kisah dalam Al Quran, Seri Kisah Teladan, Seri Kisah Nabi, Seri Sahabat Rasulullah dan 1 buah buku dongeng fabel.

Teknik olah vokal dan ekspresi sudah saya pelajari sejak dulu saya mengikuti lomba story telling ketika SMP. Alif sering tertawa girang ketika saya mengeluarkan suara-suara yang berbeda saat membacakan cerita. Ekspresi wajah saya pun kadang membuatnya tertawa.

Sejauh ini, kegiatan mendongeng yang saya lakukan baru sebatas membacakan cerita dari buku untuk Alif. Sesekali, saya mengajaknya berdialog dengan hewan-hewan yang ada di setikar rumah kami misalnya ayam dan kucing. Berdialog seolah mereka juga punya aktivitas sebagaimana aktivitas manusia. Saat Alif berlama-lama ganti baju misalnya, saya katakan, "Tuh, ayamnya berkokok, dek. Itu lagi nungguin Alif lho. Ayo buruan ganti bajunya. Bilang ke ayam, tunggu ya yam, Alif lagi ganti baju, nanti kita main bareng." Karena Alif suka ayam, suara kokok ini pun mampu mengambil alih fokusnya beberapa detik. Lumayan, hehe.

Di hari pertama mengerjakan tantangan 10 hari, saya membuat dongeng dengan tokoh ayam jago milik tetangga yang sering main di sekitar rumah kami. "Waah, ayamnya pagi-pagi udah main. Pasti tadi bangunnya pagi banget ya Dek. Udah sholat Subuh belum Yam? Bla bla bla.." Alif mendengarkan dongeng saya sembari memperhatikan polah tingkah si ayam jago mencari makan di halaman rumah kami.

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Tidak ada komentar: