Translate

Rabu, 01 November 2017

Tantangan Level 5: Iqra! Bacalah!

Setelah 3 bulan tertatih-tatih beradaptasi dengan aktivitas sebagai ibu baru, terfikir oleh saya untuk mencoba kembali ke Kelas Bunda Sayang. Tak terasa, materi kelas sudah sampai pada materi ke -5, Menstimulus Anak agar Gemar Membaca. Bismillah, saya mencoba menjawab tantangan Level 5 ini.

Sejak Alif berusia 1,5 bulan, saya mulai membacakan buku cerita untuknya. Buku yang kami miliki baru seri Halo Balita, High Contrast Book dan Rubrik Permata di Majalah Ummi. Saya biasanya membakan buku untuk Alif di pagi hari dan atau sore hari setelah Alif mandi dan menyusu. Kedepannya, jadwal tersebut insyaAllah akan saya konsistenkan.

Sesuai dengan apa yang ditugaskan dalam Level 5 ini, saya membuat pohon literasi untuk menempelkan judul buku/materi apa saja yang sudah saya bacakan pada Alif setiap hari. Saya memanfaatkan kertas kado sisa untuk membuat pohon (batang dan daun) literasinya. Sementara untuk buahnya, saya memakai kertas bufalo warna-warni. Pada gambar buah tersebut saya tuliskan pengetahuan apa saja yang ada dalam buku yang Alif baca. Pada buah pertama yang kami tempelkan hari ini, saya tuliskan isi High Contrast Book berjudul "Aku" yang tadi sore (dan hari-hari sebelumnya) sudah saya bacakan untuk Alif.

Dengan demikian, game level 5 baru saja kami mulai. Mudah2an kami istiqomah di hari-hari selanjutnya walaupun di akhir tahun anggaran seperti ini kesibukan kantor tengah mendera.

*maaf bahasa saya kadang-kadang lebai seperti ini. :-D

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Tidak ada komentar: