Translate

Rabu, 13 November 2019

Sekolah Bocah Pekan ke-3 : Mengenal Sayuran

Indikator : Menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar.

Sejujurnya, saya masih meraba-raba mencari bentuk pembelajaran yang pas bagi anak-anak. Saya belum punya lesson plan yang terjadwal. Pembelajaran untuk pekan depan, baru saya pikirkan setelah selesai pembelajaran pekan ini. Begitu seterusnya.

Alhamdulillah, ada Mama Arkan yang selalu aktif mencari ide pembelajaran untuk anak-anak kami. Ibu-ibu yang lain pun mulai aktif juga. Ini sekolah kami bersama, jadi kami ingin belajar bersama. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Di pekan ke-3 ini, seperti biasa setelah berdoa bersama, saya membacakan buku cerita. Kali ini cerita tentang Nabi Nuh yang saya bacakan.

Lalu masuk ke pelajaran utama yaitu mengenal sayuran. Saya membagikan ceting nasi kepada masing-masing anak. Kemudian, saya mengajak mereka ke kebun terong di depan rumah saya. Saya minta setiap mereka memetik 1 buah terong ungu.

Setelah itu, anak-anak kembali ke ruangan sambil membawa terong hasil panen mereka. Lalu saya membagikan sekantong sayuran untuk masing-masing anak yang berisi wortel, tomat, kentang, kacang buncis, kacang panjang, daun bawang, seledri, bawang merah dan bawang putih.

Mereka lalu mengeluarkan sayuran tersebut dari kantong dan menaruhnya ke dalam ceting nasi. Mereka nampak senang memegang, membaui dan menyebutkan nama sayuran itu.




Tidak ada komentar: