Translate

Rabu, 13 November 2019

Balita Belajar Bersama

Semua ibu adalah guru, setiap rumah adalah sekolah. Menyadari hal itu, sebagai ibu, saya terus belajar meningkatkan kapasitas saya sebagai guru untuk anak-anak saya. Alhamdulillah, suami memfasilitasi saya dengan buku-buku parenting dan mengizinkan saya untuk mengikuti pelatihan daring tentang pendidikan anak baik yang berbayar maupun tak berbayar.

Alhamdulillah lagi, suami bersedia setiap bulan menyediakan anggaran guna membeli buku-buku dan media pembelajaran yang menarik untuk anak-anak kami. Suami pun mau bergantian dengan saya dalam menamani anak-anak kami belajar dan bermain.

Dulu, ketika masih tinggal di Jakarta, saya bisa dengan mudah mengikuti seminar atau perkumpulan terkait pendidikan dan pengasuhan anak. Tapi kini, setelah pindah ke ujung tenggara dataran Kalimantan, kami merasa sendirian dalam mendidik anak-anak kami. Padahal, kata para ahli pendidikan, "Perlu orang satu desa untuk membesarkan 1 orang anak."

Kami lalu berfikir untuk membuat komunitas belajar untuk anak-anak di sekitar tempat tinggal kami. Sejak awal kami pindah ke Kelumpang Hilir ini, setiap ada anak yang main ke rumah kami, kami persilahkan untuk membaca buku di "perpustakaan rumah" kami.

Suatu hari, Mama Arkan, salah satu tetangga kami bertanya pada saya apakah saya ada rencana memasukkan Alif (anak sulung kami) ke sekolah PAUD. Saya jawab bahwa saya belum ada rencana. Lalu, saya tawarkan bagaimana kalau kita membuat komunitas belajar dan bermain untuk anak-anak Balita. Seminggu sekali saja.

Ternyata, Mama Arkan sangat antusias untuk membuat ide ini terwujud. Akhirnya, terlaksana kelas perdana kami hari Senin, 14 November 2019 di rumah saya. Awalnya ada 5 anak yang ikut, lalu bertambah satu dan satu lagi. Sementara ini tempatnya bergantian di rumah Alif, Arkan dan Aghnia. Pengajarnya pun bergantian, tidak melulu saya.

Sebagai acuan pembelajarannya, saya menggunakan indikator perkembangan anak usia 2-3 tahun dan 3-4 tahun dari Permendikbud 137 dan 146 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan PAUD. Alhamdulillah, saya pernah punya pengalaman sebagai Pengajar Muda di Indonesia Mengajar, sehingga masih ingat beberapa metode pembelajaran yang insyaAllah menarik bagi anak-anak.
Setelah ini, insyaAllah saya akan tuliskan proses pembelajaran kami setiap pekannya. Semoga ada manfaatnya bagi para ibu yang ingin menjadikan rumahnya sebagai tempat belajar yang menyenangkan bagi anak-anaknya.

#HomeshoolingBelajarBersama
#SekolahBocah

Tidak ada komentar: