Translate

Sabtu, 25 November 2017

Tantangan Level 6: Math Around Us #3

Setelah mengikuti diskusi tantangan level 6 ini, saya baru tahu bahwa ada banyak cara menstimulus kecerdasan matematika pada bayi. Salah satu caranya adalah, mulai mengenalkan pemahaman tentang sebab-sebab sederhana beserta efek yang ditimbulkannya. Sebagai contoh, menggoyangkan boneka rattle bisa menimbulkan suara.

Sejak Alif berusia 2 bulan saya sudah membelikannya boneka dan kaos kaki rattle. Boneka berbentuk gajah tersebut menimbulkan 3 suara yang berbeda. Ketika badannya dipencet, dia mengeluarkan suara "ngek-ngek". Ketika telinganya diremas, suara "kresek-kresek" yang dihasilkan. Lalu, ketika badannya digoyangkan, akan berbunyi "krincing-krincing".

Mainan ini mampu mengalihkan perhatian Alif ketika ia mulai bosan. "Nih dek, pegang telinganya! Keluar bunyi kresek-kresek kan?" Lalu saya ganti dengan bunyi lainnya. Begitu seterusnya berganti-ganti.

Selain bermain boneka rattle, hari ini saya juga memakaikan kaos kaki rattle pada Alif. "Nih dek, bunyi krincing-krincing kan?" kata saya pada Alif sambil menggoyangkan kakinya. Mungkin karena bunyi yang dihasilkan kaos kaki ini tidak terlalu besar, Alif jadi kurang memperhatikan.

Ternyata, mainan sederhana semacam itu mampu menstimulus kecerdasan matematikan pada bayi. Besok insyaAllah kita lanjut ke permainan lainnya ya Dek!

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar: