Translate

Minggu, 19 November 2017

Aliran Rasa Game Level 5

Saya tidak ingat sejak kapan saya mulai suka membaca buku. Sebagai anak desa, masa kecil saya tidak dihiasi dengan warna-warni buku bacaan laiknya anak-anak kota zaman now. Bermain di sawah, sungai, lapangan, itu keseharian saya sepulang sekolah.

Saat kelas 2 SMP, entah oleh pratanda apa, guru Bahasa Jawa menunjuk saya untuk mengikuti lomba story telling tingkat kabupaten. Tau-tau saya bliau sodori beberapa lembar naskah cerita yang harus saya hafalkan lalu saya ceritakan di acara lomba. Singkat cerita, saya mendapat Juara II.

Berbekal kemenangan itu, saat kelas 3 SMP, Guru Bahasa Indonesia menunjuk saya untuk mengikuti lomba sinopsis roman. Kala itu pilihannya (kalau saya tidak salah ingat) roman berjudul Belenggu karya Armin Pane dan Harimau-Harimau karya Muchtar Lubis. Saya yang masih belia justru memilih Roman Belenggu yang notabene ceritanya sangat dramatis. Singkat kata lagi, saya kembali menang di tingkat kabupaten.

Sejak saat itu, saya mulai suka membaca roman-roman lainnya. Semakin bertambah usia, buku-buku bacaan saya pun semakin beragam. Awalnya hanya meminjam di perpustakaan, lama-lama saya rela menyisihkan uang untuk membeli buku.

Adalah suatu kesyukuran saya dipertemukan dengan guru-guru yang telah menjadi jalan saya menyukai dunia literasi. Tabarakallah untuk Guru Bahasa Jawa saya (Bapak Jangkung Suwargono), Ibu Guru Bahasa Indonesia (mohon maaf saya lupa nama beliau) dan Bapak Aris Yunanto (Guru Sosiologi SMP yang sering meminjami saya buku-buku bergizi).

Kini, setelah saya berkeluarga dan punya anak, saya ingin sekali menghiasi masa kecil anak-anak saya dengan buku-buku cerita. Bahkan sebelum Alif, putra sulung saya lahir, saya sudah membelikannya aneka rupa buku cerita. Saat Alif masih dalam kandungan, saya sering membacakan cerita untuknya.

Adanya Game Level 5 ini, saya menjadi semakin tau banyak hal tentang dunia literasi. Saya pun semakin bersemangat untuk membacakan cerita untuk Alif. Semoga saya konsisten. Aamiiin.

Tidak ada komentar: